Megaswara Cipanas

From the blog

Di kawasan itu juga berdiri wihara yang bernama Wihara Dhanagun. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Kawasan Pecinan Bogor Bersolek Jelang Imlek

Megaswara Network, Bogor – Warga keturunan Tionghoa di Jalan Suryakancana, Kota Bogor, Jawa Barat mulai bersiap menyambut Imlek yang akan jatuh pada Senin, 8 Februari 2016.

Warga sibuk memasang pernak-pernik seperti lampion beraneka ukuran di rumah dan ruko di kawasan Pecinan itu. Agar terlihat lebih menarik dan bersih, toko-toko di sepanjang Jalan Suryakancana itu sengaja dicat warna-warni.

“Kalau warna terang jadi daya tarik,” kata Irwansyah, karyawan Klinik Pengobatan Traditional Chinese Medicine, Kamis (4/1/2016).

Menurut Asun, warga keturunan Tionghoa di Babakan Pasar, wilayah itu sudah sepekan dihias lampion untuk menyambut Imlek. Lampu-lampu kertas itu itu akan terus dibiarkan selepas Imlek, sebagai bukti keberagaman di Suryakancana.

Jalan Suryakancana merupakan pusat bisnis sekaligus permukiman warga keturunan Tionghoa. Di kawasan tersebut juga terdapat 1 wihara, yakni Vihara Danagun atau dahulu bernama Klenteng Hok Tek Bio.

Di wihara yang berdiri pada 1860 itu, para pengurus sedang sibuk menghias, merapikan dan membersihkan tempat ibadah tersebut.

“Setiap jelang perayaan Imlek kami selalu mempersiapkan dari jauh-jauh hari, tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya,” kata pengurus Vihara Dhanagun, A Yung.

Apalagi, wihara ini menjadi pusat perayaan Imlek dan sering dijadikan tempat kegiatan sosial, sehingga selalu ramai dikunjungi warga setempat.

 

Sumber : http://news.liputan6.com/read/2428302/kawasan-pecinan-bogor-bersolek-jelang-imlek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *